Referensi Coto dan Kuliner khas Makassar di Jogja

Jika anda termasuk penggila kuliner khas makassar maka langkah anda sudah tepat jika mampir di blog ini. iya kebetulan saya termasuk dari jajaran pecinta masakan makassar.:p tidak perlu jauh-jauh terbang ke Makassar untuk menikmati cita rasa makanan Makassar. di Jogja pun ada banyak warung yang menyediakan kuliner khusus kota Daeng ini. 
Apa yang saya akan infokan disini merupkan jejeran warung yang pernah saya singgahi. jadi menurut saya inilah beberapa tempat yang layak dan saya rekomendasikan untuk dikunjungi dan memanjakan lidah anda. salah satu masakan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa asal sulawesi adalah kuliner khas coto Makassar (baca: Coto Makassar)

Coto Makassar Lacapila Kota Baru

Menurut saya inilah coto terenak yang ada di kota Gudek ini. coto Makassar yang terletak di Kota Baru ini buka dari jam 10 hingga jam 4 sore. warung ini termasuk dari salah satu warung Makassar terlaris di Jogja. jika anda tidak ingin kehabisan maka datanglah di jam-jam awal  karena  terkadang sebelum jam 4 sore persediaanya sudah habis. 
Selain coto Makassar, warung ini menyediakan es Pisang Ijo yang menjadi pelengkap dari menu ini. Pisang Ijo merupkanan minuman berisi pisang yang dibalut dengan tepung berwarna hijau yang diberi es dan kuah syirup santan dengan bubur sumsum.


Referensi Coto dan Kuliner khas Makassar di Jogja

Ada beberapa makanan yang pernah saya cicipi di warung ini seperti Es Pallubutung, Barongko, Jalangkote hingga Bikandoang ala Makassar. :p

Coto Makassar ini terletak di jl Krasak no 5 Kota Baru. Dari arah Malioboro anda menuju ke arah stasiun Kridosono hingga anda mendapati jalan Abu Bakar Ali, di jalan ini ada sebuah gereja yang diberi nama Katolik St Antonuis. Nah di dapan gereja ini ada jalan Krasak, sekitar 200 meter anda akan menemukan warung ini. jika anda kesulitan, di gereja ini anda hanya menanyakan asrama mahasiswa Provinsi Sulawesi Selatan (wisma Bawa Karaeng). 

Kuliner Khas Makassar Kedai Losari Kaliurang


Satu lagi pilihan makanan khas Makassar yang ada di kota Jogja yaitu Kedai Losari. Menurut saya Kedai Losari ini hampir mirip dangan yang ada di Kota Baru. Namun tempat ini lebih istimewa, karena lebih lengkap dari tempat pertama. di warung Makassar ini anda akan mendapatkan menu seperti ikan bakar, Pallumara, Sop Konro, Es Teller, Sop Saudara dan tentunya Coto Makassar dan Pisang Ijo. Tempat inipun terbuka hingga malam.

Kedai losari ini terletak di jl kaliurang km 6.8 di depan Square net. waktu kuliah tempat ini menjadi favorit saya karena pelayannya yang cantik . huahahahah

Warung Makassar sekitar JEC


Untuk yang terakhir ini, penulis temukan dengan tidak sengaja saat pindah ke tempat baru tepatnya di depan perpus DIY yang disinyalir sebagai perpustakaan terbesar se Asia tenggara. Bagi kamu pecinta kuliner tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini. Ada beberapa makanan khas makassar yang tersedia, di antaranya: Mie tik tik, Pisang Hijau, hingga Jalangkote.

Menurut penulis, inilah warung coto menyerupai coto yang beredar di makassar. hehehe meskipun baru beroperasi sekitar satu bulan namun tempat ini muali ramai dikunjungi. Saat anda berkunjung jangan kaget dengan suasana warung yang tertutup. Hal ini biasa terjadi karena jam operasional masih dikisaran pukul 07.00 hingga 10.00. Meskipun demikian, tempat ini buka hingga jam 09.30.


Sebenarnya saya pernah mengunjungi beberapa kuliner khas makassar di kota ini, ada sekitar 6 tempat namun yang pas dengan selera saya, hanya kedua warung ini. Dan menurut saya inilah tempat yang tidak sepi dengan pengunjung.

Artikel Coret Apa Saja Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top